post

Semakin berkembangnya situs belanja online, tentu semakin menggugah kita untuk berbelanja melalui situs tersebut. Banyaknya jenis produk, penawaran harga yang menarik, kemudahan pembayaran, pengiriman cepat, bisa jadi sebagian kecil alasan kita melakukan online shopping. Gaya hidup konsumtif dan sedikitnya waktu untuk berbelanja jadi alasan lain orang lebih tertarik online shopping ketimbang berbelanja langsung di toko.

Tentu kemudahan yang ditawarkan ketika berbelanja secara online sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat untuk menipu anda. Jika tidak berhati-hati kita mungkin dapat terjebak pada penawaran fiktif yang berujung terkurasnya rekening kita.

Berikut ini tips aman berbelanja online

www.buzzfeed.com

www.buzzfeed.com

 

1. Kenali Situs Belanja Online
Seperti halnya anda berbelanja offline, apabila anda tidak yakin toko yang akan anda kunjungi aman untuk bertansaksi maka tinggalkan saja. Jika selama proses belanja atau checkout Anda merasa seperti situs tersebut meminta informasi pribadi terlalu banyak, hanya hentikanlah transaksi dan tinggalkan situs tersebut. Jika situs tersebut terlihat seperti tidak ter-update, memiliki alamat domain aneh, atau selalu muncul layar pop-up, lupakan saja.

2. Gunakan situs belanja populer
Berbelanja melalui toko online yang telah populer dapat mengurangi resiko terjadinya kejahatan. Toko online yang memiliki brand besar biasanya memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding situs lain. Tetapi setiap toko atau situs belanja pasti memiliki sistem yang tidak 100% sselalu berjalan normal, anda perlu bersabar ketika proses transaksi tidak sesuai yang diharapkan.

3. Cek testimoni pembeli lain
Jika anda baru pertama kali berbelanja pada suatu situs jual beli online, coba cek testimoni dari konsumen lain. Keamanan dan kepuasan ketika berbelanja dapat terlihat dari testimoni-testimoni konsumen. Apabila testimoni konsumen sangat baik maka anda dapat melakukan transaksi online pada situs tersebut. Tetapi pastikan pula testimoni yang muncul tidak direkayasa atau fiktif.

4. Ekstra hati-hati jika menggunakan perangkat mobile
Smartphone pada dasarnya dapat melakukan segala sesuatu yang komputer dapat lakukan, tapi tidak berarti bahwa perangkat itu terlindungi seperti halnya desktop Anda. Sebagian besar ponsel yang tidak dilengkapi dengan software anti-virus yang Anda, sehingga lebih mudah bagi penjahat untuk menggunakan malware pada perangkat mobile untuk mencuri informasi pribadi anda. Perangkat yang tidak terproteksi akan memudahkan situs belanja atau URL fiktif untuk mendapatkan informasi pribadi bahkan rekening anda.

www.danielladraper.com

www.danielladraper.com

5. Jangan gunakan Wi-Fi publik ketika berbelanja
Wi-fi dengan jaringan publik memudahkan hacker untuk pencurian data anda. Sadarilah ketika Anda menggunakan hotspot Wi-Fi bahwa setiap informasi yang anda kirim melalui internet bisa diambil oleh orang asing, gunakanlah jaringan yang lebih ‘private’ atau terlindungi.

6. Periksa kartu kredit secara berkala
Menggunakan kartu kredit merupakan cara cerdas untuk berbelanja online. Jika Anda menggunakan kartu kredit, perusahaan penerbit kartu harus mengembalikan uang Anda untuk tuduhan penipuan karena adanya Fair Credit Billing Act. meskipun tidak selalu bisa menemukan transaksi fiktif, kartu kredit tetap lebih aman. jadi lebih baik untuk mengawasi laporan tagihan anda secara berkala. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan pada tagihan anda, segera hubungi perusahaan kartu kredit untuk membatalkan transaksi tersebut atau bahkan mengganti kartu kredit anda dengan yang baru.

www.pcmag.com

www.pcmag.com

 

7. Ubah password secara teratur
Mungkin ini cara yang membosankan bagi anda, tetapi percayalah dengan mengubah password pada semua account online anda akan meminimalisir terjadinya kejahatan ketika berbelanja online. Pastikan anda benar-benar ingin menyimpan informasi (dan rekening bank) anda aman saat Anda sedang berbelanja melalui internet, sangat penting untuk merubah password setiap tiga sampai enam bulan sekali. Anda juga harus memastikan bahwa tidak memiliki satu password yang sama untuk semua akun Anda, karena sangat rentan untuk direntas.

8. Bacalah kebijakan privasi perusahaan
Membaca kebijakan privasi adalah satu-satunya cara untuk tahu pasti apa yang perusahaan lakukan dengan informasi anda dan bagaimana penyebarannya. Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan untuk mengabaikan informasi ini, terutama jika kita menyamakannya dengan persyaratan layanan yang kita semua katakan kita sudah membaca dan setuju untuk itu. Tetapi penting jika Anda ingin memastikan data pribadi Anda tidak dapat dijual kepada pihak ketiga, bahwa itu dienkripsi dan aman. Pastikan pula membaca ketentuan bertransaksi sehingga keamanan bertansaksi tetap berjalan.

Kemanan berbelanja kembali lagi pada kehati-hatian anda dalam memilih metode pembayaran dan toko online yang terpercaya. Pastikan tidak melakukan proses transaksi apabila anda merasa ragu-ragu ketika berbelanja online.

Leave a comment