Setelah lebih dari sebulan meluncur, All New OLX akhirnya merubah tampilannya kembali seperti tampilan lama OLX. Hal ini juga berlaku pada aplikasi mobile OLX, fitur-fitur lama dimunculkan kembali. Berita baik ini disambut antusias penjual dan pembeli yang telah lama menggunakan OLX. Keputusan yang akhirnya diambil OLX ini cukup memuaskan banyak pihak.

Berdasarkannya pernyataannya di akun media sosial OLX, aktifnya kembali tampilan lama karena perlunya penyesuaian platform OLX agar mudah diakses melalui browser handphone. Tidak tertutup kemungkinan kebijakan ini dilakukan karena pengguna lebih menyukai tampilan dan fitur lama OLX.

Bagaimana Nasib All New OLX
Walaupun keputusan ini terlihat membingungkan, OLX sebagai salah satu toko online populer di indonesia dapat meredam migrasi user ke toko oline serupa setelah munculnya All New OLX. Jualo.com yang baru-baru ini dianggap sebagai pesaing OLX sebelumnya telah memanfaatkan kelemahan yang muncul di All New OLX untuk merebut pangsa pasar. Jualo.com dan toko online serupa berpotensi merusak dominasi OLX di Indonesia.

Pengembangan platform All New OLX yang telah rilis akhir tahun lalu, menyisakan beberapa tanda tanya, bagaimana mungkin toko online populer seperti OLX melakukan inovasi plastform tetapi mendapat respon yang sangat buruk. Masih kita tunggu apakah nantinya All New OLX akan dirilis ulang atau tetap mempertahankan platform lamanya. Tentunya inovasi-inovasi yang akan muncul harus tetap mempertimbangkan kebutuhan user, belajar pada kegagalan All New OLX yang lalu.

Uji Coba Platform (Lama) OLX
Berikut adalah tampilan OLX terbaru

Uji coba pencarian barang “Kaos Big Size”.

Mencari “Kaos Big Size” dengan area kota yang lebih luas.

Gambar di bawah ini merupakan tampilan terbaru OLX pada aplikasi mobile.

Pelajaran untuk toko online lain
Pengembalian tampilan dan fitur OLX dapat menjadi pelajaran bagi toko online maupun marketplace serupa bahwa perubahan tanpa memperhatikan pola perilaku dan kepentingan user akan berakibat blunder. Tampilan All New OLX sekilas terlihat lebih fresh, namun aspek user interface dan user friendly tidak dapat tercapai dengan baik. User, penjual dan pembeli barang di OLX, kecewa karena menghilangnya fitur penting di All New OLX.

Toko online maupun marketplace lainnya perlu melakukan evaluasi internal dan riset user jika akan merubah platformnya. Belajar dari kasus All New OLX, perubahan platform sebaiknya dilakukan bertahap satu persatu fitur karena pola perilaku user tidak mudah untuk dirubah menyesuaikan platform baru.

Leave a comment