OLX Kembali ke Tampilan Lama

Setelah lebih dari sebulan meluncur, All New OLX akhirnya merubah tampilannya kembali seperti tampilan lama OLX. Hal ini juga berlaku pada aplikasi mobile OLX, fitur-fitur lama dimunculkan kembali. Berita baik ini disambut antusias penjual dan pembeli yang telah lama menggunakan OLX. Keputusan yang akhirnya diambil OLX ini cukup memuaskan banyak pihak.

Berdasarkannya pernyataannya di akun media sosial OLX, aktifnya kembali tampilan lama karena perlunya penyesuaian platform OLX agar mudah diakses melalui browser handphone. Tidak tertutup kemungkinan kebijakan ini dilakukan karena pengguna lebih menyukai tampilan dan fitur lama OLX.

Bagaimana Nasib All New OLX
Walaupun keputusan ini terlihat membingungkan, OLX sebagai salah satu toko online populer di indonesia dapat meredam migrasi user ke toko oline serupa setelah munculnya All New OLX. Jualo.com yang baru-baru ini dianggap sebagai pesaing OLX sebelumnya telah memanfaatkan kelemahan yang muncul di All New OLX untuk merebut pangsa pasar. Jualo.com dan toko online serupa berpotensi merusak dominasi OLX di Indonesia.

Pengembangan platform All New OLX yang telah rilis akhir tahun lalu, menyisakan beberapa tanda tanya, bagaimana mungkin toko online populer seperti OLX melakukan inovasi plastform tetapi mendapat respon yang sangat buruk. Masih kita tunggu apakah nantinya All New OLX akan dirilis ulang atau tetap mempertahankan platform lamanya. Tentunya inovasi-inovasi yang akan muncul harus tetap mempertimbangkan kebutuhan user, belajar pada kegagalan All New OLX yang lalu.

Uji Coba Platform (Lama) OLX
Berikut adalah tampilan OLX terbaru

Uji coba pencarian barang “Kaos Big Size”.

Mencari “Kaos Big Size” dengan area kota yang lebih luas.

Gambar di bawah ini merupakan tampilan terbaru OLX pada aplikasi mobile.

Pelajaran untuk toko online lain
Pengembalian tampilan dan fitur OLX dapat menjadi pelajaran bagi toko online maupun marketplace serupa bahwa perubahan tanpa memperhatikan pola perilaku dan kepentingan user akan berakibat blunder. Tampilan All New OLX sekilas terlihat lebih fresh, namun aspek user interface dan user friendly tidak dapat tercapai dengan baik. User, penjual dan pembeli barang di OLX, kecewa karena menghilangnya fitur penting di All New OLX.

Toko online maupun marketplace lainnya perlu melakukan evaluasi internal dan riset user jika akan merubah platformnya. Belajar dari kasus All New OLX, perubahan platform sebaiknya dilakukan bertahap satu persatu fitur karena pola perilaku user tidak mudah untuk dirubah menyesuaikan platform baru.

Awas Penipuan Mandiri E Cash

Semakin tingginya keinginan dan permintaan bertransaksi online, semakin beragam pula pilihan jenis pembayaran yang tersedia. Salah satu metode pembayaran yang saat ini populer adalah mandiri e-cash. Mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

Mandiri e-cash dirancang sangat mudah digunakan sehingga dapat menggantiakan uang tunai dan dilakukan untuk pembayaran nominal kecil. Kemudahan yang diberikan mandiri e-cash ternyata digunakan pula untuk beberapa modus penipuan. Penipuan mandiri e-cash umumnya terjadi karena masyarakat masih awam dalam penggunaannya. Penipuan melalui mandiri e-cash dilakukan dengan modus transaksi jual beli online, undingan hadiah, sampai bantuan tunai. Jika kita tidak teliti dan memiliki informasi yang cukup mengenai mandiri e-cash, penipuan jenis ini akan tidak kita sadari.

Kecewa dengan Tampilan Baru OLX?

Bagi anda pengguna aktif maupun pengunjung situs web OLX.co.id pasti akan merasakan tampilan muka berbeda dari OLX. OLX yang mengakuisisi TokoBagus di tahun 2012 dan Berniaga di tahun 2014, melakukan perubahan besar pada tampilan situs web dan aplikasi mobile pada akhir tahun 2016 ini. Perubahan tampilan ini di branding dengan slogan “All New OLX” dengan harapan peningkatan kenyamanan pengguna OLX. Jika kita perhatikan lebih jauh perubahan ini tidak hanya dilakukan pada tampilan saja, melainkan adanya penambahan fitur baru. Perubahan ini bisa jadi dilakukan OLX mengikuti tren dan fitur pada marketplace lokal lain, seperti Bukalapak maupun Tokopedia.

Tampilan lama OLX

Perubahan Tampilan yang Bikin Ribet

Sebuah situs web selain menyajiakan tampilan visual menarik, juga diharuskan memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman. OLX tampaknya kurang mempertimbangkan pengalaman pengguna (user experience) dengan baik, walaupun tampilan visual tidak terlalu kaku di banding tampilan lamanya. Jika pada tampilan situs web lama, iklan hanya berupa baris-baris dengan informasi singkat, maka pada All New Olx, foto produk sangat ditonjolkan dibanding informasi lain. Pengguna akan disuguhkan tampilan iklan layaknya galeri foto.

Jasa Pengiriman Barang (Pos/JNE/TIKI) Mana yang Lebih Baik? Part 3 – Selesai

Artikel sebelumnya telah membahas JNE (ssekkaos.com/jasa-pengiriman-barang-posjnetiki-mana-yang-lebih-baik), kali ini kita akan membahas TIKI

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI)

TIKI resmi didirikan pada 1 September 1970, dengan nama awal CV. TITIPAN KILAT. Baru pada tanggal 31 Desember 1993, CV. TITIPAN KILAT berubah menjadi sebuah perseroan terbatas dan mengganti namanya menjadi PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT. TIKI kemudian mulai menapak dengan kokoh ditengah persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang terus menggeliat seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat di seluruh dunia, khususnya masyarakat Indonesia.

Jasa Pengiriman Barang (Pos/JNE/TIKI) Mana yang Lebih Baik? Part 2

Artikel sebelumnya telah membahas Pos Indonesia (ssekkaos.com/jasa-pengiriman-barang-posjnetiki-mana-yang-lebih-baik), kali ini kita akan membahas JNE

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
Berbeda dengan PT. Pos Indonesia, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) adalah perusahaan swasta penyedia layanan pengiriman barang. Jaringan JNE tersebar di berbagai wilayah di indonesia. Perusahaan yang didirikan tahun 1990 ini terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di Indonesia.