post

Semakin tingginya keinginan dan permintaan bertransaksi online, semakin beragam pula pilihan jenis pembayaran yang tersedia. Salah satu metode pembayaran yang saat ini populer adalah mandiri e-cash. Mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

Mandiri e-cash dirancang sangat mudah digunakan sehingga dapat menggantiakan uang tunai dan dilakukan untuk pembayaran nominal kecil. Kemudahan yang diberikan mandiri e-cash ternyata digunakan pula untuk beberapa modus penipuan. Penipuan mandiri e-cash umumnya terjadi karena masyarakat masih awam dalam penggunaannya. Penipuan melalui mandiri e-cash dilakukan dengan modus transaksi jual beli online, undingan hadiah, sampai bantuan tunai. Jika kita tidak teliti dan memiliki informasi yang cukup mengenai mandiri e-cash, penipuan jenis ini akan tidak kita sadari.

Beberapa hal yang perlu kita waspada, berikut ciri-ciri penipuan dengan modus Mandiri E-cash:

1. Data diri tidak jelas
Jika ada seseorang yang menghubungi kita, telpon dengan mencatut instansi atau perusahaan terkenal tetapi kita merasa tidak pernah berhubungan dengan instansi atau perusahaan tersebut maka patut kita waspadai. Biasakan cek ulang orang-orang yang menghubungi kita. Selalui waspadai telpon undian hadiah karena sangat berpotensi penipuan. Jika menghubungi melalui Whatsapp, BBM, Line dan aplikasi serupa, cek profil orang tersebut. Simpan foto profil maupun screenshot percakapan jika diperlukan.

2. Nilai transaksi tidak wajar
Anda memenangkan hadiah dengan nilai tidak wajar, tanpa syarat maupun pajak apa pun? Dapat dipastikan ini merupakan modus penipuan yang paling banyak muncul. Ketika anda menanggapinya, maka akan dipastikan anda akan dituntun menuju langkah-langkah penipuan berikutnya. Jika anda penjual barang online, kemudian ada seseorang yang akan membeli dengan nilai transaksi besar tanpa ada keluhan atau negosiasi, anda harus mewaspadai jenis transaksi ini. Lazimnya, transaksi jual beli online akan muncul proses negosiasi harga, pertanyaan seputar produk hingga prosedur pengiriman. Walaupun dalam beberapa proses transaksi, pembeli bisa dengan cepat setuju penawaran harga.

3. Hanya bisa transaksi Mandiri e-cash
Harap benar-benar mewaspadai jika penipu atau orang yang menghubungi kita transaksi hanya bisa dilakukan dengan mandiri e-cash dengan beragam alasan apapun. Segera tutup telpon atau hentikan komunikasi anda jika penipu atau orang tadi mulai merayu-rayu anda. Jika anda bertransaksi jual beli online, alihkan proses transaksi ke marketplace dengan metode pembayaran e-cash. Jika pembeli barang anda memang pembeli yang nyata, maka proses transaksi akan benar-benar terjadi. Hindari resiko yang dapat merugikan anda meskipun pembeli mengutarakan berbagai alasan keengganan bertransaksi melalui marketplace.

4. Dipandu menuju ATM
Dalam proses transaksi apapun termasuk mandiri e-cash, jika dipandu menuju ATM dengan alasan hanya bisa dilakukan di sana, maka dapat dipastikan transaksi tersebut hanya modus penipuan. Faktanya, menerima transfer mandiri e-cash dapat dilakukan tanpa harus ke ATM dengan cara mengecek langsung transaksi rekening kita secara online. Bank Mandiri juga menyarankan untuk mengabaikan transaksi apapun yang memandu kita ke ATM. Kode one time password (OTP) dan saldo minimum nominal tertentu juga tidak diperlukan untuk menerima transfer mandiri e-cash.

Admin SSEKKAOS Big Size T-shirt dalam beberapa kesempatan mendapati penipuan seperti ini dengan modus awal ingin membeli kaos big size dalam jumlah banyak dan pengiriman ke luar Jawa. Beberapa hal yang mencurigakan adalah alamat yang diberikan tidak ditemukan di mesin pencarian, berusaha untuk memproses transaksi hanya melalui mandiri e-cash. Ketika admin menolak transaksi ini, si penipu terus untuk memaksa melakukan transaksi dan memandu menuju ATM, dengan alasan OTP hanya berlaku 5 menit. Karena kejadian-kejadian seperti ini sangat mencurigakan dan berpotensi merugikan, maka admin SSEKKAOS Big Size T-shirt memutuskan untuk menolak transaksi langsung dengan mandiri e-cash, dan memberikan pilihan untuk berbelanja kaos ukuran besar (big size) melalui market place, bukalapak dan tokopedia.

Berdasarkan himbauan Bank Mandiri, maka nasabah maupun berbagai pihak mewaspadai adanya transaksi dengan nilai tidak wajar dan memandu transaksi langsung di ATM melalui telpon. Informasikan kepada keluarga, kerabat, teman, maupun relasi untuk menghindari berbagai modus transaksi yang mencurigakan. Jangan mudah terpengaruh mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa usaha apa pun. Hubungi pihak bank jika ragu pada transaksi yang akan kita gunakan.

Leave a comment