post

Electronic commerce atau biasa kita sebut ECommerce adalah bentuk perdagangan (penyebaran, penjualan, pemasaran) barang dan jasa melalui elektronik.Elektronik diartikan seperti media internet, televisi atau jaringan komputer lain. Ecommerce melibatkan pembayaran dana elektronik, serta sistem data eletronik dan otomatis.

Industri Ecommerce berkembang pesat selama satu dekade terakhir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perkembangan ECommerce menjadi tanda perubahan kebiasaan belanja orang-orang di dunia yang beralih dari konvensional menjadi lebih praktis. Peluang ini juga dimanfaatkan dengan berkembangannya perusahaan-perusahaan skala global seperti ebay, amazon, hingga alibaba.

 

Jika dilihat dari segi pelaku, secara umum ECommerce terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Business-to-business (B2B)          : transaksi antar perusahaan
  2. Business-to-consumer (B2C)        : transaksi antara perusahaan dengan konsumen
  3. Business-to-government (B2G)     : transaksi antara perusahaan dengan publik
  4. Consumer-to-consumer (C2C)      : transaksi antara individu
  5. Mobile commerce (m-commerce) : transaksi menggunakan media mobile (ponsel)

Indonesia dengan populasi penduduk no 4 terbesar di dunia dianggap sebagai pasar potensial untuk ECommerce. Keadaan ini ditunjang dengan semakin meningkatnya penggunaan fasilitas internet dan perangkat telepon genggam. Keadaan ini menjadi peluang bagi Perusahaan startup bidang ECommerce di Indonesia mendapatkan pendaan dari venture capilalist.

alibaba.com

 

Perusahaan ECommerce di Indonesia hingga saat ini terus berkembang membentuk diferensiasinya sendiri menyesuaikan kebutuhan ddan kebiasaan pelanggan. Perusahaan ECommerce seperti OLX, bukalapak.com, lazada, tokopedia, blibli.com, nyatanya terus berinovasi menjual berbagai keperluan fashion big size, perangkat elektronik, kendaraan, hingga keperluan rumah tangga.

amazon.com

 

Leave a comment